Apa itu DOI pada naskah jurnal ilmiah


Ketika naskah jurnal anda diterbitkan oleh jurnal yang memiliki reputasi yang baik,biasanya disertakan dengan DOI. Apa itu DOI dan bagaimana cara menggunakannya dalam kutipan?
DOI, atau Digital Object Identifier, adalah serangkaian angka, huruf, dan simbol yang digunakan secara permanen untuk mengidentifikasi artikel atau dokumen dan menautkannya ke web. DOI membantu para pembaca artikel dengan mudah melakukan proses pencarian dokumen berdasarkan  identifier tersebut. Anggap saja seperti nomor Kartu Tanda Penduduk yang mengacu kepada artikel yang Anda kutip - itu akan selalu merujuk ke artikel itu, dan hanya yang itu.

Dengan mendaftarkan DOI dan metadata untuk semua artikel jurnal, akan memastikan bahwa ketika alamat web atau lokasi artikel berubah, atau jika ada penulis yang mempublikasikan berbagai versi artikel mereka secara online, pembaca dan article indexing akan dapat dengan mudah menemukan versi resmi dari artikel yang dipublikasikan tersebut. DOI dianggap sebagai praktik terbaik penerbitan inti dan telah diwajibkan oleh banyak  lembaga salah satunya oleh SINTA Kemenristek/Brin

Di mana saya dapat menemukan DOI?

Ketika sebuah artikel dipublikasikan, DOI akan dicetak bersamaan dengan artikel tersebut, biasanya berada pada halaman pertama atau terletak di bagian header atau footer.
Jika DOI tidak ada pad artikel, anda dapat melakukan pencarian di situs web CrossRef.org (dengan mengunakan opsi "Cari Metadata").

Bagaimana saya bisa menggunakan DOI untuk menemukan artikel?

Format yang disarankan untuk DOI sejak tahun 2011 adalah sebuah tautan/link aktif, dimana DOI akan dimulai dengan http: // atau https: //, anda cukup mengkilik atau mengetikkan link DOI ke web web browser maka akan secara otomatis mengarahkan Anda ke halaman penerbit jurnal untuk artikel tersebut. Sebelum tahun 2011, DOI dimulai dengan nomor 10 ( walaupun pada versi terbaru beberapa DOI masih diformat dengan cara ini). Anda dapat mengubah DOI apa pun menjadi URL dengan menambahkan http://doi.org/ sebelum DOI. Misalnya, http://doi.org/10.3352/jeehp.2013.10.3.

Bagaimana melakukan pendaftaran untuk mendapatkan DOI

Anda dapat mendaftarkan DOI dari agen registrasi DOI mana pun. Salah satu agen registrasi DOI yang paling umum digunakan adalah Crossref, organisasi nirlaba yang membuat hasil penelitian mudah ditemukan, dikutip, dihubungkan, dan dinilai. Langkah pertama untuk mendapatkan DOI dari Crossref adalah dengan menjadi anggota Crossref. Selain kemampuan untuk mendaftar DOI, dengan menjadi anggota dari Crossref, anda akan menerima banyak manfaat. Crossref memiliki jaringan global dengan lebih dari 13.000 anggota dan menawarkan alat dan layanan untuk membantu orang di seluruh dunia menemukan, mengutip, dan menautkan ke publikasi anggotanya, menjadikannya lebih mudah ditemukan.

Keanggotaan Crossref terbuka untuk organisasi yang menerbitkan konten profesional dan ilmiah, termasuk pers, masyarakat terpelajar, dan lembaga penelitian. Untuk menjadi anggota, mendaftarkan konten, dan menyetorkan metadata dan DOI, Anda harus memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur dan meninjau Crossref serta menyetujui syarat dan ketentuan Crossref. Anda dapat mengisi formulir aplikasi keanggotaan Crossref secara online. Setelah Anda mengisi dan mengirimkan aplikasi Anda, Crossref akan memeriksanya dan mulai memprosesnya.

Mendaftarkan DOI dengan Crossref

Setelah organisasi penerbitan Anda diakui sebagai anggota Crossref, Anda dapat memulai proses pendaftaran DOI. Setelah penerbit jurnal membayar biaya keanggotaan tahunan, maka mereka dianggap sebagai anggota Crossref, Crossref akan menerbitkan sebuah "prefix" - yang nantinya merupakan bagian awal dari DOI - ditambah nama pengguna dan kata sandi untuk akun Crossref. Anggota membuat DOI dengan menggunakan "prefix" yang ditetapkan dan dengan menambahkan "suffix" unik mereka sendiri (prefix + suffix = DOI).

Setelah proses pendaftaran DOI selesai, pengelola jurnal dapat melakukan konfigurasi pada OJS yang digunakan untuk menirimkan XML secara otomatis pada Crossref, sehingga akan memudahkan generate artikel setiap kali ada terbitan baru. Info dosen akan membahas langkah-langkah ini pada postingan berikutnya.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu DOI pada naskah jurnal ilmiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel