Indeksasi Jurnal pada DOAJ

Directory of Open Access Journals (DOAJ), merupakan lembaga indeksasi untuk jurnal open access. indeksasi dengan DOAJ bisa menjadi indikator kualitas dari jurnal yang anda kelola. Saat ini DOAJ telah menjadi standar minimum untuk jurnal berjenis open access. Open Access Scholarly Publishers Association (OASPA), mengharuskan semua anggota penerbit jurnal untuk memiliki setidaknya satu jurnal yang diindeks oleh DOAJ. DOAJ telah mengindeks sebanyak kurang lebih 13.000 open-access Jurnal sejak tahun 2013 untuk semua bidang studi dan bahasa yang mencakup berbagai jenis publikasi pada bidang STEM, humaniora, dan ilmu sosial.

Selain sebagai bukti kualitas publikasi, indeksasi jurnal di DOAJ dapat membantu memperluas jangkauan dari naskah atau tulisan yang ada pada suatu jurnal. DOAJ memiliki misi "meningkatkan visibilitas, aksesibilitas, reputasi, penggunaan, dan dampak kualitas, peer-review, serta akses terbuka jurnal penelitian ilmiah secara global." Dengan indeksasi jurnal ke dalam DOAJ menjadikan sebuah naskah atau tulisan pada jurnal lebih mudah ditemukan secara online. Anda dapat memulai proses indeksasi jurnal ke DOAJ secara gratis ketika jurnal anda telah memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut.

Kriteria Indeksasi jurnal pada DOAJ

DOAJ bertujuan menjadi tujuan utama pencarian  naskah open-access yang berkualitas dan peer-review. DOAJ memiliki beberapa kriteria inklusi yang cukup spesifik namun yang perlu anda ketahui bahwa kriteria pengindeksan DOAJ sangat mudah dan relatif mudah dipenuhi dibanding beberapa lembaga jurnal lainnya. Berikut ini kriteria indeksasi jurnal pada DOAJ:

1.  Informasi dasar dari Jurnal

Bagian ini berisi beberapa pertanyaan terkait publikasi dasar yang harus dapat dijawab oleh penerbit jurnal. Informasi dasar yang dibutuhkan adalah:

  • Judul Jurnal — pastikan judul jurnal anda lengkap dan sesuai dengan judul yang terdaftar pada pengenal publikasi resmi (mis. ISSN)
  • URL situs web jurnal — Jurnal yang anda daftarkan harus memiliki situs web jurnal untuk disertakan dalam DOAJ (Anda juga harus menerbitkan setidaknya lima artikel penelitian sebelum mendaftar seperti yang disebutkan di bawah)
  • Jurnal ISSN (versi cetak) —diperlukan hanya jika jurnal Anda memiliki ISSN cetak, jika tidak biarkan kosong
  • Jurnal ISSN (versi online) —DOAJ akan mengecek ISSN  ini tidak boleh sama dengan P-ISSN, “E-ISSN ditulis dengan tanda hubung - mis. 1234-4321 ”
  • Penerbit — organisasi yang secara resmi menerbitkan jurnal, baik itu pers, masyarakat terpelajar, atau akademisi nirlaba
  • Nama dan alamat email untuk kontak utama jurnal — Pastikan kontak ini merupakan seseorang yang mudah dihubungi dan responsif jika DOAJ perlu memberi pertanyaan / langkah selanjutnyapada proses pendaftaran indeksasi
  • Negara tempat penerbit jurnal berada 
  • Apakah jurnal tersebut memiliki biaya pemrosesan artikel (APC) —ya atau tidak
  • URL ke halaman informasi mengenai APC dapat ditemukan — ini wajib diisi, meskipun jurnal tidak mengenakan biaya, Anda perlu membuat pernyataan yang menjelaskan hal itu pada situs web
  • Apakah jurnal memiliki biaya pengiriman artikel
  • URL ke halaman informasi biaya pengiriman artikel dapat ditemukan — ini wajib diisi,  meskipun jurnal tidak memungut biaya, Anda perlu membuat pernyataan yang menjelaskan hal tersebut pada situs web
  • Jumlah artikel penelitian dan review yang diterbitkan oleh jurnal pada tahun kalender terakhir — sebuah jurnal harus menerbitkan minimal 5 artikel penelitian per tahun untuk tetap terindex oleh DOAJ
  • URL jumlah artikel jurnal yang diterbitkan pada tahun kalender terakhir dapat ditemukan — ini bisa menjadi tautan ke terbitan jurnal yang diterbitkan dalam setahun terakhir dengan setidaknya 5 artikel, atau ke daftar volume / terbitan
  • Apakah jurnal memiliki kebijakan pembebasan? —Anda harus memilih "ya" atau "tidak", jika jurnal tidak memiliki biaya, cukup pilih "tidak" (jika "ya" Anda harus memberikan URL informasi kebijakan pembebasan)
  • Kebijakan pengarsipan digital yang digunakan jurnal (misalnya CLOCKSS, Portico, perpustakaan nasional) —walaupun kebijakan pengarsipan digital tidak diharuskan oleh DOAJ, tetapi sangat disarankan
  • URL tempat informasi kebijakan pengarsipan digital jurnal dapat ditemukan — bidang ini opsional jika Anda memilih "tidak ada kebijakan"
  • Apakah jurnal mengizinkan perangkat lunak / spider untuk secara otomatis menjelajahi konten jurnal (juga dikenal sebagai text mining)? - ya atau tidak (mengizinkan penjelajahan otomatis tidak diperlukan untuk masuk ke DOAJ tetapi sangat disarankan)
  • Pengidentifikasi artikel yang digunakan oleh jurnal (misalnya DOI, Handles) —walapun pengidentifikasi artikel tidak diperlukan untuk pengindeksan, tetapi sangat disarankan
  • Apakah jurnal akan menyediakan metadata artikel kepada DOAJ (menyediakan metadata tidak diperlukan tetapi sangat disarankan)
  • Apakah jurnal memberikan statistik pengunduhan artikel individu — ya atau tidak (Ini tidak wajib, tetapi jika “ya” Anda perlu memberikan URL tempat informasi tersebut dapat ditemukan)
  • Tahun kalender pertama saat volume lengkap artikel jurnal disediakan secara online dalam teks lengkap — jika jurnal dibalik ke OA, gunakan tahun saat secara resmi menjadi OA
  • Tersedia format artikel teks lengkap (PDF, HTML, ePUB, XML, Lainnya)
  • Terdapat Keyword hingga 6 kata yang  menggambarkan area subjek jurnal (dibatasi koma)
  • Bahasa yang digunakan untuk menerbitkan teks lengkap artikel

Beberapa kritera yang disyaratkan oleh DOAJ merupakan bagian dari komitmen DOAJ terhadap transparansi publikasi. Semua jurnal yang terdaftar di DOAJ diharapkan mengikuti "Prinsip Transparansi dan Praktik Terbaik dalam Penerbitan", yang dibuat bersama oleh DOAJ dalam kemitraan dengan Komite Etika Publikasi (COPE), OASPA, dan Asosiasi Editor Medis Dunia (WAME). 

2.  Kualitas dan transparansi proses editorial

Setelah kriteria dasar telah terpenuhi, berikutnya DOAJ meminta pengelola jurnal untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki proses editorial yang sehat/terstruktur serta semua informasi dari proses editorial tersedia untuk umum. Berikut ini proses editorial dan informasi yang disyaratkan oleh DOAJ:

  • URL yang memuat halaman Dewan Editorial
  • Proses review untuk naskah yang dikirim ke jurnal (review editorial, peer review, blind peer review, peer review double-blind, open peer review, atau tidak ada) —catat, jika "tidak ada" maka proses indeksasi jurnal akan ditolak oleh DOAJ
  • URL yang berisi informasi tentang proses peninjauan jurnal
  • URL yang berisi tujuan dan cakupan jurnal
  • URL yang berisi instruksi jurnal untuk penulis
  • Apakah jurnal memiliki kebijakan untuk menyaring plagiarisme — ya atau tidak (jika “ya”, Anda harus memberikan URL dimana informasi tersebut dapat ditemukan)
  • Jumlah rata-rata berapa minggu waktu yang dibutuhkan antara proses penyerahan dan publikasi

Dari item di atas, kebijakan plagiarisme sangat disarankan oleh DOAJ. Berkenaan dengan Dewan Redaksi, semua jurnal harus memiliki editor dan dewan editorial. Selain itu, semua jurnal harus mengikuti proses peer review, kecuali jurnal seni dan humaniora, yang dapat menggunakan bentuk editorial review dengan hanya dua editor dan tanpa dewan editorial.

3.  Lisensi hak cipta dan pernyataan akses terbuka

Kriteria pengindeksan DOAJ berikutnya adalah terkait informasi hak cipta. DOAJ mewajibkan semua jurnal secara jelas menyatakan seberapa terbuka naskah yang diterbitkan dalam pernyataan Open-Access (OA) yang terdaftar di situs jurnal. Untuk proses indeksasi ke DOAJ anda harus memberikan URL ke pernyataan OA jurnal yang anda kelola. Ini biasanya berada pada halaman informasi penulis jurnal atau halaman kebijakan jurnal. Anda dapat menemukan contoh pernyataan OA dari DOAJ di sini. Selain itu, semua jurnal yang mendaftar ke DOAJ harus memberikan informasi tentang:

  • Apakah terdapat informasi lisensi dalam artikel pada jurnal yang anda kelola — ya atau tidak (ini tidak wajib tetapi sangat disarankan)
  • Apakah jurnal mengizinkan penggunaan ulang dan pencampuran ulang konten sesuai dengan lisensi Creative Commons atau jenis lisensi lain dengan kondisi serupa — DOAJ mengharuskan jurnal untuk menggunakan lisensi Creative Commons atau setara CC
  • URL yang berisi informasi persyaratan lisensi jurnal Anda — jurnal harus menyertakan kebijakan / pernyataan hak cipta yang jelas di website
  • Apakah jurnal memungkinkan pengunjung untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel dan menggunakannya untuk tujuan sah lainnya — ya atau tidak (agar dapat diindeks di DOAJ ini harus "ya")
  • Direktori kebijakan tempat penyimpanan jurnal memiliki kebijakan pengarsipan mandiri jurnal akademik (mis. Sherpa / Romeo) —ini bukan persyaratan untuk pengindeksan DOAJ tetapi sangat disarankan
  • Apakah jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan — ya atau tidak (jika “ya”, Anda harus memberikan URL dimana informasi tersebut dapat ditemukan)
  • Apakah jurnal memungkinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan — ya atau tidak (jika "ya" Anda harus memberikan URL tempat informasi tersebut dapat ditemukan)

Itulah beberapa informasi dan kriteria jurnal agar dapat terindeks pada DOAJ, ketika jurnal yang anda kelola telah memenuhi syarat di atas, anda dapat memulai proses registrasi untuk indeksasi pada link berikut ini. 

Tangkapan layar halaman registrasi DOAJ

Setelah mengisi form registrasi indeksasi DOAJ, anda akan menerima email konfirmasi bahwa aplikasi anda telah diterima. Aplikasi anda kemudian akan dinilai oleh tim DOAJ terkait keakuratan informasi yang anda kirimkan. Proses pemeriksaan aplikasi anda akan memakan waktu beberapa lama. Yang perlu anda ketahui dalam proses ini, DOAJ akan mengirimkan beberapa email dan mensyaratkan setiap email tersebut harus dibalas paling lama 30 hari atau 1 bulan sejak email tersebut diterima. 

Jika aplikasi indeksasi jurnal Anda diterima di DOAJ, Anda akan menerima email konfirmasi dengan langkah selanjutnya. Namun kika permohonan Anda ditolak karena suatu alasan, Anda dapat mengajukan permohonan aplikasi indeksasi kembali. DOAJ akan mengirim email secara rinci tentang mengapa aplikasi indeksasi Anda ditolak dan mengizinkan Anda untuk mengajukan permohonan kembali dalam waktu enam bulan.

Belum ada Komentar untuk "Indeksasi Jurnal pada DOAJ"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel