Proses indeksasi Jurnal di Scopus

Apa itu Scopus?

Scopus merupakan database terbesar yang berisi abstrak dan sitasi dari literatur peer-review: jurnal ilmiah, buku dan prosiding konferensi. Scopus memberikan ilustrasi tentang hasil penelitian di seluruh dunia terutama pada bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, serta seni dan humaniora. Untuk melacak, menganalisis, dan memvisualisasikan penelitian scopus memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk menciptakan tools yang canggih. Di seluruh dunia, Scopus digunakan oleh lebih dari 3.000 institusi akademik, pemerintah dan perusahaan. scopus merupakan sumber data utama yang mendukung portofolio Elsevier Research Intelligence. Scopus memberikan gambaran umum yang luas mengenai informasi interdisipliner ilmiah secara global kepada peneliti, dosen, dan mahasiswa.

Proses pendaftaran indeksasi scopus

Proses pendaftaran untuk indeksasi journal pada scopus sepenuhnya dilakukan menggunakan URL berikut : https://suggestor.step.scopus.com/suggestTitle/step1.cfm. Perlu diperhartikan, sebelum melakukan pendaftaran untuk indeksasi scopus, sebaiknya perhatikan beberapa persyaratan minimum untuk jurnal yang akan didaftarkan sebagai berikut:

Jurnal hanya akan dipertimbangkan untuk dievaluasi jika memenuhi kriteria minimum berikut:

  • Harus mempublikasikan konten peer review.
  • Diterbitkan secara teratur (yaitu memiliki ISSN yang dikonfirmasi oleh Pusat Internasional ISSN).
  • Memiliki abstrak bahasa Inggris dan judul artikel.
  • Memiliki referensi dalam aksara Romawi.
  • Mencantumkan etika publikasi dan pernyataan malpraktek publikasi dalam bahasa Inggris di situsnya.

Scopus Registration Form

Seperti terlihat pada gambar di atas, apabila jurnal yang anda akan daftarkan memenuhi persyaratan minimum di atas, silahkan klik next. Selanjutnya anda akan diarahkan untuk memeriksa daftar source Scopus untuk menentukan apakah jurnal yang ingin Anda daftarkan sudah ada di Scopus atau belum. Berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait proses pendaftaran indeksasi oleh scopus:
  • Jurnal yang didaftarkan akan ditinjau secara terus menerus oleh Dewan Penasihat & Seleksi Konten Scopus (CSAB) secara independen.
  • Proses evaluasi Jurnal baru dilakukan secepat mungkin, namun anda perlu menunggu beberapa bulan hingga satu tahun untuk menyelesaikan proses peninjauan.
  • CSAB menggunakan dokumen sampel dari konten yang diterbitkan untuk mengevaluasi kualitas sebuah Jurnal. Sebagai rekomendasi, jurnal yang didaftarkan telah diterbitkan setidaknya selama dua tahun sebelumnya dan proses ini dapat ditolak untuk ditinjau jika riwayat publikasi jurnal tersebut terlalu pendek atau tidak sampai dua tahun.
  • Anda akan diminta untuk memberikan contoh PDF sebagai langkah terakhir dalam proses indeksasi jurnal. 
  • Evaluasi jurnal tidak dipengaruhi oleh berapa kali jurnal tersebut didaftarkan untuk indeksasi. Beberapa kiriman dengan jurnal yang sama hanya akan menunda proses peninjauan.
  • Jurnal yang tidak memiliki situs web khusus dengan informasi yang relevan untuk ditinjau tidak akan dipertimbangkan untuk evaluasi indeksasi.
Setelah jurnal anda telah memenuhi syarat di atas, silahkan masukkan nomor ISSN anda seperti terlihat pada gambar di bawah ini, setelah itu klik next dan lanjutkan untuk mengisi beberapa informasi mengenai contact information pada form di bawah ini:
Form Pengisian ISSN

Form Informasi Kontak
Setelah anda melengkapi data yang diminta, kemudian klik next untuk mengisi informasi terkait jurnal yang anda akan daftarkan untuk diindeksasi seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Selanjutnya adalah anda perlu mengupload dokumen berupa contoh artikel yang telah terbit pada jurnal yang anda akan daftarkan untuk indeksasi, selain mengupload file contoh artikel anda dapat memilih opsi lain yaitu dengan menuliskan alamat url dari website jurnal anda, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:
Form Upload dokumen artikel jurnal

Langkah berikutnya adalah mengisi informasi tambahan terkait jurnal yang anda akan daftarkan untuk indeksasi pada form di bawah ini:
Form additional information

Setelah semua proses pengisian form selesai, langkah terakhir adalah melakukan submit form yang tlah anda isi. Silahkan tunggu proses review dari jurnal yang anda daftarkan, biasanya ini membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa sampai 1 tahun. 

Strategi Umum Indeksasi

Selain beberapa persyaratan di atas, tim info dosen juga mengumpulkan beberapa strategi yang dapat anda terapkan agar jurnal anda dapat diindeksasi dengan mudah, berikut ini adalah strategi untuk indeksasi:
  • Abstrak pada naskah sebaiknya dilengkapi dengan : graphical abstract, dan highlighted sentences (limited words count/ batasan jumlah kata pada abstrak)
  • Selain scopus beikut adalah Indeksasi jurnal (ideal) : IPI, Google Scholar, DOAJ, CrossRef, Thomson Reuters
  • Geographical Diversity in Reviewer, Author, Regional Managing Editor dan Editorial Board, yang berasal dari 5 benua di seluruh dunia.
  • Editor pada jurnal anda memiliki publikasi Internasional (Scopus) dan memiliki h-indeks, baik di Google Scholar dan atau Scopus yang ditampilkan di website jurnal anda.
  • Jurnal minimal berisi informasi nama jurnal yang mengikuti aturan penulisan yang baku
  • Format penulisan Volume dan nomor harus mengikuti platform untuk jurnal internasional
  • Sebaiknya setiap artikel yang terbit pada jurnal telah memiliki alamat URL yang unik. seperti penggunaan  DOI dari Crossref.
  • Pada halaman abstrak harus berisi : tanggal disubmit, direvisi, dan diterima untuk dipublikasi, selain itu sebaiknya juga berisi cara untuk melakukan sitasi dari artikel tersebut.
  • Operasional journal telah mengikuti kaidah proses submission yang dapat dipertanggungjawabkan mulai dari proses submission, review, revision, layout, editorial, proof-reading, dan publishing.
Itulah cara dan beberapa informasi penting terkait dengan proses indeksasi jurnal. Semoga Bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Proses indeksasi Jurnal di Scopus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel