Berkenalan dengan e-learning Edmodo

Edmodo

Edmodo adalah aplikasi berbasis web yang dapat digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran daring. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur bagi guru untuk terhubung dan berkomunikasi dengan murid dan orang tua murid. Edmodo didirikan pada tahun 2008 oleh Jeff O’Hara dan Nicolas Borg. Membuat dan mendirikan Edmodo terlintas di pikiran mereka ketika mereka bekerja di dua sekolah yang berbeda di daerah Chicago. Mereka bekerja sama untuk mengembangkan jaringan yang aman yang memungkinkan siswa, guru serta orang tua untuk terhubung dan berkolaborasi, berbagi konten dan aplikasi pendidikan, akses pekerjaan rumah dan tugas-tugas lain, mendiskusikan kegiatan kelas, dan mengingatkan satu sama lain tentang tanggal ujian atau suatu acara.

Untuk menggunakan Edmodo anda tidak perlu mendownload file apapun, cukup browsing ke www.edmodo.com, lalu buat sebuah account secara gratis. Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa dan sekolah berbasis web. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah bagi kelas anda untuk terhubung dan berkolaborasi, berbagi konten dan akses pekerjaan, nilai dan pemberitahuan sekolah. Tujuan dibuatnya Edmodo adalah membantu pendidik memanfaatkan kekuatan media sosial untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar. Edmodo dapat membantu pengajar membangun sebuah kelas virtual berdasarkan pembagian kelas yang sesungguhnya dimana di kelas tersebut terdapat penugasan, quiz dan pemberian nilai pada setiap akhir pembelajaran. 

Fitur-Fitur Pada Edmodo
Edmodo memiliki banyak fitur-fitur penunjang yang sangat membantu proses belajar mengajar. Semolec (2013) memberikan penjelasan berbagai fitur tersebut sebagai berikut:

1) Note (Catatan)
Pada menu ini users diberikan ruang untuk membuat sebuah catatan yang akan tercetak pada halaman “Beranda” edmodo, dimana catatan ini nantinya akan dapat terbaca oleh semua siswa. Note di sini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan istilah “status” pada Facebook. Fitur ini dapat user gunakan untuk berkomunikasi dengan siswa, misalnya untuk memberikan informasi mengenai kelas di edmodo, menginformasikan materi yang harus dipelajari siswa, dan sebagainya.

2) Alert (Pengumuman)
Alert (Pengumuman) merupakan jenis catatan yang lebih sederhana dari catatan yang terdapat pada menu Note, karena pada alert user tidak dapat melampirkan file dan hanya bisa ditujukan pada kelas-kelas tertentu yang user inginkan. Alert ini biasanya berisi pengumuman yang dianggap penting dan harus segeri siswa ketahui.

3) Assignment (Penugasan)
Fitur ini memungkinkan guru untuk memberikan penugasan pada siswa dengan batasan waktu tertentu untuk pengumpulan tugas, selain itu guru juga bisa memberikan nilai langsung pada tugas tersebut.

4) Quiz (Kuis)
Fitur ini memberikan guru kemudahan untuk membuat berbagai macam jenis kuis yang dapat dikerjakan oleh siswa. Ragam jenis kuis ini yaitu: 
a)     Multiple choice (pilihan ganda)
b)     True false (Benar Salah)
c)     Short answer (Jawaban Singkat)
d)     Fill the blank (Isian pada bagian yang kosong)
e)     Matching (Pasangan jawaban yang benar)

5) Polling (Pemungutan Suara)
Polling ini merupakan fitur untuk mencari kesepakatan bersama berdasarkan suara terbanyak yang diberikan oleh siswa dalam satu kelas akan suatu masalah yang diajukan dengan lebih dari satu pilihan jawaban yang diusulkan.

6) Groups (Grup)
Guru dapat membuat lebih dari satu kelompok kelas dalam satu akun edmodo. Hingga guru tidak perlu membuat banyak akun satu matapelajaran untuk banyak kelas yang setingkat dengan memanfaatkan fasilitas grup ini.

7) Communities (Komunitas)
Fitur ini memberikan fasilitas untuk guru agar bisa berbagi dengan guru lain yang ada diseluruh dunia yang telah memakai Edmodo. Guru bisa bergabung dengan beragam komunitas yang telah dikelompokkan dalam berbagai macam topik ataupun jenis bidang keahliannya, sehingga dapat berbagi pendapat dan masalah yang sedang dihadapi pada guru lain.

8) Progress (Progres)
Guru dapat memantau sejauh mana tingkat keberhasilan proses pembelajaran di kelas dengan melihat progres nilai atau hasil belajar siswa.

9) Discover (Penjelajah)
Dengan fitur ini, guru bisa menambah referensi tentang berbagai macam bahan ajar yang dapat digunakan. Guru bisa memasukkan kata kunci sebagai apa yang akan dicari dalam fitur ini, dan nanti akan ditawarkan pilihan berbagai macam media atau sumber bahan ajar yang dapat digunakan, baik secara gratis maupun berbayar.

10) Library (Perpustakaan)
Pada fitur ini, guru dapat mengkoordinir bahan ajar yang telah dimiliki, baik itu berupa materi, soal latihan ataupun link pembejaran yang sudah maupun belum digunakan.

Itulah sekilas pengenalan platform pembelajaran dari edmodo. Beberapa postingan berikutnya infodosen akan mengupas secara lengka fitur-fitur utama dalam edmodo. 

Belum ada Komentar untuk "Berkenalan dengan e-learning Edmodo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel