Kuliah Online Menggunakan Edmodo

Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa dan sekolah berbasis web. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah bagi kelas anda untuk terhubung dan berkolaborasi, berbagi konten dan akses pekerjaan, nilai dan pemberitahuan sekolah. Untuk menggunakan Edmodo anda tidak perlu mendownload file apapun, cukup browsing ke www.edmodo.com, lalu buat sebuah account secara gratis. Anda dapat membaca detail mengenai edmodo pada postingan kami sebelumnya pada link ini https://www.infodosen.com/2020/04/derkenalan-dengan-edmodo.html.

Pada tulisan kali ini, kami akan membahas step-by-step menggunakan edmodo untuk kuliah online. Untuk mulai menggunakan edmodo anda harus melakukan registrasi. Anda dapat mengikuti tata cara registrasi yang pernah kami bahas pada tulisan ini https://www.infodosen.com/2020/04/mendaftarkan-akun-sebagai-gurudosen-di.html. Setelah melakukan registrasi langkah untuk mulai menggunakan edmodo untuk perkuliahan online adalah sebagai berikut:

1.    Masuk ke Akun

Buka halaman www.edmodo.com, kemudian akan tampil halaman seperti pada gambar di bawah.
Halaman depan Edmodo
Halaman depan Edmodo
Klik login, dan masukkan alamat email dan password yang anda gunakan pada saat registrasi seperti pada gambar di bawah, kemudian klik login.
Form login edmodo
Form login edmodo
Setelah login, anda akan masuk ke halaman beranda seperti pada gambar di bawah. Gambar tersebut adalah tampilan halaman beranda, tampilan ini akan muncul apabila anda telah melakukan proses login.
Halaman beranda edmodo
Halaman beranda edmodo

2.    Membuat Kelas Ajar

Untuk membuat kelas ajar, klik create a class seperti yang terlihat pada gambar di atas, Create a Class yang diberi tanda merah. Kemudian akan terbuka form yang harus diisi seperti pada gambar di bawah.
Form isian pembuatan kelas
Form isian pembuatan kelas

Isi form tersebut, untuk membuat kelas, nama kelas diisi pada bagian nomor 1, pada nomor 2 isikan deskripsi kelas dengan maksimal 260 huruf/karakter, kemudian pada nomor 3 pilih grade yang diinginkan, karena pada modul ini akan digunakan untuk siswa sekolah dasar misalnya kelas 3, maka pada pilihan nomor 3 pilih 3rd Grade. Untuk nomor 4, karena proses pembelajaran pada sekolah dasar satu kelas terdiri dari 1 guru dan beragam mata pelajaran, maka silahkan pilih all seperti yang terlihat pada gambar. Kemudian klik Create.

Pilihan setelah membuat kelas
Pilihan setelah membuat kelas

Setelah proses pembuatan kelas selesai, maka anda akan diarahkan menuju halaman seperti pada gambar 12. Terdapat 2 pilihan yang dapat anda lakukan pada tahapan ini. Yang pertama adalah add student, dan yang kedua adalah explore class. Kita dapat melakukan add student (penambahan siswa) setelah proses manajemen kelas selesai. Pada langkah ini silahkan klik explore Class.

3.    Manajemen Kelas

Pada tahapan ini, setelah memilih explore class untuk melakukan manajemen kelas ajar dan aktifitas yang ada pada kelas, maka tahapan selanjutnya adalah manajemen kelas. Setelah anda mengklik Explore class seperti pada gambar di atas yang diberi tanda merah. Maka anda akan di arahkan menuju halaman utama kelas yang anda telah buat seperti pada gambar di bawah.
 Halaman Depan kelas
Halaman Depan kelas
Setelah proses pendaftaran dan manajemen kelas dilakukan, maka tiba saatnya anda melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar secara daring. Untuk proses belajar mengajar, Edmodo digunakan untuk pembelajaran daring kelas 3 Sekolah dasar. Berikut langkah-langkah untuk memulai pembelajaran daring:

4.    Membuat Small Group

Small group digunakan untuk memberikan ruang khusus kepada siswa menurut mata pelajaran. Jadi pada small group ini siswa dapat diberi materi, soal, dan kuis sesuai dengan mata pelajarannya. Pada contoh kali ini, akan dibuat small group untuk mata pelajaran matematika. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat small group:
1.    Klik symbol + pada menu   yang terdapat pada menu sidebar sebelah kanan.
2.    Selanjutnya akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah, masukkan nama small group. Pada contoh kali ini kita akan memberikan nama mata pelajaran “Matematika”, kemudian klik create.
Form pembuatan small group
Form pembuatan small group
3.    Small group untuk mata pelajaran matematika telah dibuat, anda akan diarahkan langsung ke halaman small grup matematika seperti pada gambar di bawah. Perlu diingat untuk semua kegiatan publikasi (materi, tugas, kuis, dan polling) khusus untuk mata pelajaran matematika harus dilakukan pada small group ini.
Halaman utama small group matematika
Halaman utama small group matematika

5.    Menambahkan Siswa Ke Small Group

Ketika small group telah dibuat, maka semua semua kegiatan publikasi (materi, tugas, kuis, dan polling) hanya akan tampil di small group ini. Kegiatan publikasi tersebut tidak akan tampil pada group kelas 3 semester 2 tahun ajaran 19/20. Oleh karena itu, siswa yang bergabung ke group kelas harus ditambahkan lagi ke dalam small group yang telah dibuat berdasarkan mata pelajaran.
1.    Masuk ke dalam small group (matematika)
2.    Klik menu  yang terdapat pada header small group.
3.    Kemudian klik  , kemudian akan muncul pilihan seperti gambar di bawah, pilih add member to small group
Pilihan add member ke small group
Pilihan add member ke small group

4.    Setelah pilihan add member to small group dipilih, anda akan diarahkan pada tampilan seperti pada gambar di bawah.

Menambahkan siswa ke small group
Menambahkan siswa ke small group
5.    Cari nama siswa, kemudian klik/centang nama siswa. Kemudian klik add untuk menambahkan. Maka secara otomatis member akan bertambah seperti pada gambar di bawah.
Daftar member small group
Daftar member small group

6.    Menambahkan Catatan Dan Materi

Catatan atau materi yang akan diberikan di kelas dapat dimasukkan melalui timeline. Materi yang dimasukkan dapat berupa file PDF, DOC, Gambar, powerpoint, Excel dan beberapa format file yang didukung oleh Edmodo.
1.    Untuk mulai menambahkan materi, silahkan klik menu  yang terdapat pada timeline. Maka anda akan diarahkan pada tampilan seperti pada gambar di bawah.
Tampilan untuk menambahkan materi dan informasi
Tampilan untuk menambahkan materi dan informasi
2.    Selanjutnya pada pilihan nomor 1 digunakan untuk memasukkan pengumuman/status atau pemberitahuan mengenai kelas dalam bentuk Teks. Untuk pilihan nomor 2 digunakan ketika anda ingin memasukkan materi dalam bentuk gambar atau file pdf word dan lain sebagainya. Pilihan nomor 3 digunakan untuk memasukkan file dari library yang sebelumnya anda buat/upload. Pilihan nomor 4 digunakan untuk mengatur pilihan jenis huruf. Pilihan nomor 5 digunakan jika anda ingin mengatur waktu terbit dari materi yang anda buat. Pilihan nomo6 digunakan untuk membuat poling. Pilihan nomor 7 digunakan untuk membuat poling mengenai kabar siswa anda.
3.    Untuk mulai mengupload materi, silahkan pilih nomor 2 dan anda akan diarahkan untuk memilih materi yang akan diupload seperti pada gambar di bawah.
Memilih file yang akan dipuload
Memilih file yang akan dipuload
4.    Langkah berikutnya adalah klik open dan tambahkan keterangan seperti pada gambar di bawah.
Tampilan setelah mengupload materi
Tampilan setelah mengupload materi

5.    Klik post untuk mengirimkan materi. Ketika materi telah sukses dikirimkan, maka posting mengenai materi tersebut akan muncul pada timeline seperti pada gambar di bawah.
Tampilan timeline setelah melakukan upload materi
Tampilan timeline setelah melakukan upload materi


7.    Menambahkan Tugas

Salah satu fitur dari Edmodo yang menarik adalah tersedianya fasilitas untuk memberikan tugas kepada siswa. Untuk pemberian tugas harus dilakukan pada small group. Jadi pastikan anda berada dalam halaman small group sebelum membuat dan mempublikasikan tugas. Berikut adalah tahapan untuk membuat dan mempublikasikan tugas:
1.    Klik symbol   pada header small group, kemudian pilih create assignment, maka akan muncul halaman seperti pada gambar di bawah.
Form untuk menambahkan tugas
Form untuk menambahkan tugas
2.    Selanjutnya tulis nama tugas pada bagian Assigment title, berikut dengan instruksi pada bagian instruction. Anda dapat menambahkan file word, PDF, dan gambar pada bagian add attachments.
3.    Setelah selesai kemudian klik tombol assignment. Anda akan diarahkan menuju halaman seperti pada gambar di bawah. Pada bagian ini, anda diminta untuk menentukan kapan batas terakhir pengumpulan tugas pada bagian Due ON. Kemudian pilihan lock after due date dicentang/aktifkan ketika anda memilih untuk mengunci tugas ketika batas akhir pengumpulan telah berakhir. Pada bagian options merupakan pilihan untuk menambahkan tugas ini ke lembar penilaian akhir.

Pengaturan tugas
Pengaturan tugas

4.    Selanjutnya klik assign, maka tugas tersebut akan tampil pada halaman utama di timeline seperti pada gambar di bawah.
Tampilan timeline small group setelah menambahkan tugas
Tampilan timeline small group setelah menambahkan tugas

8.    Menambahkan Kuis

Selain tugas, anda juga dapat membuat kuis pada small group. Sebelum membuat kuis, pastikan anda telah berada dalam small grup yang dimaksud. Berikut adalah tahapan untuk membuat dan mempublikasikan kuis.
1.    Klik symbol   pada header small group, kemudian pilih create Quiz, maka akan muncul halaman seperti pada gambar di bawah.
Form untuk menambahkan kuis
Form untuk menambahkan kuis
2.    Bagian Quiz title diisi dengan nama kuis yang akan diberikan. Bagian instructions diisi dengan instruksi bagi siswa dalam mengerjakan kuis. Pada contoh kali ini, akan dibuat kuis dalam bentuk pilihan ganda atau multiple choice.
3.    Setelah semua isian telah diisi, berikutnya adalah membuat pertanyaan dengan mengklik Quiz Questions. Maka anda akan diarahkan menuju halaman seperti pada gambar di bawah.
Form pembuatan pertanyaan pilihan ganda
Form pembuatan pertanyaan pilihan ganda

4.    Terdapat 6 bagian pada halaman quiz question, untuk mulai membuat pertanyaan, pada bagian 1 pilih jenis pertanyaan yang anda akan buat. Pada contoh akan dibuat pertanyaan model pilihan ganda, maka dipilih multiple choice.
5.    Berikutnya pada bagian 2 diisi dengan teks pertanyaan dari soal yang akan dibuat. Anda dapat menambahkan gambar atau link sebagai file pendukung pada pertanyaan yang dibuat.
6.    Bagian ke 3 diisi dengan pilihan jawaban. Untuk menandai jawaban yang benar, silahkan klik radio button pada bagian correct answer untuk jawaban yang benar. Anda juga dapat menambahkan pilihan jawaban mengkilik add respon.
7.    Bagian 4 adalah poin penilaian, jika benar maka mendapatkan 1 point. Anda dapat menyesuaikan poin ini dengan mengubah angka 1 pada bagian grading.
8.    Langkah terakhir adalah klik add new question pada bagian 5 maka soal akan tersimpan pada bank kuis. Anda juga data menambahkan soal yang tersimpan dari bank soal dengan mengklik add from question bank.
9.    Setelah proses pengisian selesai maka pada akan muncul form untuk membuat soal nomor 2. Proses ini akan berulang sampai semua soal telah anda buat.
10.    Setelah semua soal dibuat, maka silahkan klik tombol assign untuk mempublikasikan soal ke timeline small group. Sehingga dapat terlihat oleh siswa seperti pada gambar di bawah.

Pengaturan kuis
Pengaturan kuis

11.    Langkah selanjutnya adalah anda perlu mengisi beberapa bagian sebelum kuis dapat terpublikasi. Bagian DUE ON diisi kapan kuis tersebut akan berakhir / jatuh tempo. Lock after due date diaktifkan dengan dicentang ketika anda ingin mengunci kuis ketika telah jatuh tempo.
12.    Berikutnya adalah Time limit, digunakan untuk menentukan berapa lama siswa mengerjakan soal.
13.    Bagian options terdiri dari randomize questions yang berfungsi untuk mengacak urutan soal, sehingga setiap siswa memiliki urutan soal yang berbeda. Fitur ini dapat diaktifkan dengan mencentang randomize questions.
14.    Bagian add quiz to gradebook berfungsi untuk mengirimkan hasil penilian kuis pada buku penilaian. Show results to students upon completion diaktifkan/dicentang ketika anda ingin menampilkan hasil kuis ke setiap siswa setiap kali pengerjaan kuis selesai dilaksanakan.
15.    Langkah terakhir silahkan klik assign dan got it seperti pada gambar 29 untuk mengirimkan kuis ke timeline agar dapat dikerjakan oleh siswa. Gambar di bawah memperlihatkan kuis telah tampil pada timeline dan siap untuk dikerjakan oleh siswa.

Status kuis yang telah dibuat.
Status kuis yang telah dibuat.


Timeline small group yang telah ditambahkan kuis
Timeline small group yang telah ditambahkan kuis

9.    Mempublikasikan Polling Dan Wellness Check

Edmodo menyediakan fitur untuk mempublikasikan polling dan serta fitur tambahan untuk menanyakan kabar. Fitur untuk menanyakan kabar sebenarnya adalah sama saja dengan fitur polling, tetapi fitur ini telah dilengkapi pertanyaan dan jawaban secara otomatis. Sedangkan pada polling anda dapat membuat pertanyaan untuk meminta tanggapan dari siswa terkait dengan topik yang didiskusikan. Pastikan anda telah berada dalam small grup yang dimaksud. Berikut adalah langkah-langkah membuat fitur polling dan wellness check:
1.    Pada halaman small group klik bagian  , maka akan tampil seperti gambar di bawah.
Pilihan untuk membuat poling
Pilihan untuk membuat poling
2.    Untuk membuat polling klik bagian nomor 1 dan untuk menanyakan kabar (wellness Check) klik bagian nomor 2.
3.    Pada tahap ini akan dibuat polling dengan mengklik bagian nomor 1, maka akan tampil form untuk membuat polling seperti pada gambar di bawah, silahkan isi dan sesuaikan dengan pertanyaan yang anda akan buat.

Form isian pembuatan poling
4.    Setelah melakukan pengisian, silahkan klik post, maka polling yang anda buat akan ditampilkan pada halaman depan dari small group seperti pada gambar di bawah.
Tampilan poling pada timeline small group.
5.    Selanjutnya adalah untuk menanyakan kabar, cukup dengan menekan bagian nomor 2 pada gambar 31, sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah.

Pembuatan wellness check
Pembuatan wellness check
6.    Anda tidak perlu melakukan pengisian pertanyaan dan jawaban seperti pada saat membuat pooling, semua otomatis terisi. Klik post untuk mengirim wellness check ini ke timeline small group. Maka akan timeline small group akan tampil seperti pada gambar di bawah.

Wellness check yang telah diposting di timeline


10.    Evaluasi Dan Penilaian

Setelah melewati beberapa porses diatas, mulai dari pendafataran akun, menambahkan siswa, pemberian materi, tugas, dan kuis. Maka tiba saatnya kita masuk ke tahapan terakhir dari proses pembelajaran. Yaitu Evaluasi dan penilaian. Edmodo telah memberikan fitur ini yang dapat diakses melalui menu classes yang berada pada topmenu seperti pada gambar 36. Pada menu classes yang ditandai dengan nomor 1, terdapat 3 submenu yaitu class management (ditandai dengan angka 2), Whats due (ditandai dengan angka 3) dan Progress (ditandai dengan angka 4).
1.    Class Management
Seperti terlihat pada gambar di bawah, menu class management akan menampilkan daftar kelas yang anda kelola pada Edmodo. Pada contoh kali ini karena anda baru membuat satu kelas, kelas tersebut yang akan tampil. Ketika anda menambahkan kelas baru, maka anda dapat mengelola kelas baru tersebut melalui menu class management.
Tampilan menu classes dan class management
Tampilan menu classes dan class management

2.    What’s Due
Pada submenu ini, terdapat beberapa bagian seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Pada bagian review (angka 1) anda dapat melihat semua tugas yang telah berikan ke siswa (angka 4). Ketika siswa telah mengerjakan tugas dan kuis, maka pada bagian ready to grade (angka 5) akan muncul jumlah siswa yang siap dinilai. Begitupun pada bagian viewed (angka 6) akan menampilkan jumlah siswa yang telah melihat tugas atau kuis yang telah diberikan.
Sedangkan pada submenu reviewed (angka 2) akan menampilkan tugas dan jumlah siswa yang telah diperiksa. Menu scheduled (angka 3) menampilkan tugas dan kuis yang anda buat tetapi belum dipublikasikan, atau anda mengatur publikasi terjadwal pada kuis atau tugas tersebut.

Tampilan submenu What’s due
Tampilan submenu What’s due

3.    Progress
Pada gambar 36, teradapat submenu progress (angka 4) yang ketika di klik akan menampilkan data progress setiap siswa untuk setiap tugas yang diberikan seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Guru dapat memonitor perkembangan penilaian dari siswa. Daftar nilai yang ada pada halaman ini juga dapat diekspor ke dalam bentuk file csv, untuk kemudian di edit menggunakan mirosoft excel.

Tampilan menu progress
Tampilan menu progress


Selain itu, pada halaman progress terdapat sub menu badges. Sub menu ini digunakan untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi misalnya nilai kuis tertinggi dan lain sebagainya. Ada banyak pilihan badge yang dapat digunakan dan sangat cocok untuk siswa sekolah dasar.


Belum ada Komentar untuk "Kuliah Online Menggunakan Edmodo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel