Indeksasi Jurnal di Web of Science (WoS)

Indeksasi pada Web of Science

Beberapa penerbit tulisan ilmiah termasuk jurnal menjadikan indeksasi oleh Web of Science (WoS) menjadi target utama mereka. WOS merupakan salah satu lembaga indeksasi terbesar dan paling terkemuka hingga saat ini. Koleksi utama indeksasi WoS terdiri dari enam bidang ilmu antara sains, ilmu sosial, seni, dan humaniora, dan secara kolektif berisi lebih dari satu miliar kutipan  yang mencakup lebih dari 250 disiplin ilmu. WoS unik karena mengindeks semua metadata yang terdapat pada naskah hasil penelitian, termasuk setiap referensi yang dikutip, sehingga dapat menciptakan hubungan antara penelitian yang diindeks dan literatur ilmiah yang digunakan. Dengan terindeks WoS, secara tidak langsung akan meningkatkan impact factor dari jurnal yang anda kelola. 

Perlu anda ketahui WoS merupakan platform yang menggunakan beberapa database bereputasi lainnya selain koleksi inti dari WoS untuk melakukan indeksasi. Antara lain Clarivate (Biosis Citation Index and Biosis Previews, Derwent Innovations Index, Data Citation Index, Index Chemicus, Zoological Record), organisasi lain dan dihosting di platform Web of Science (MEDLINE, FSTA, CABI, Inspec), (Chinese Science Citation Database, SciELO, Russian Citation Index, Korean Journals Database, and others in development). Secara total terdapat 35.000 sumber jurnal, 100.000 judul buku dan 200.000 prosiding konferensi yang diterbitkan adalah bagian dari Web of Science. 

Persyaratan pengindeksan untuk Koleksi Inti WoS

Sebelum mendaftarkan agar jurnal anda diindeksasi ke WoS Core Collection, anda perlu memastikan jurnal anda memenuhi semua kriteria. Proses indeksasi WoS Core Collections didasarkan pada 24 "kriteria kualitas" yang dirancang untuk menilai proses dan konten penerbitan jurnal. Semua jurnal, apapun disiplin ilmunya, dinilai berdasarkan 24 kriteria kualitas antara lain:

  • Informasi publikasi dasar (mis. Judul jurnal, penerbit jurnal, ISSN, detail kontak)
  • Judul artikel dan abstrak artikel dalam bahasa Inggris (catatan: WoS memerlukan informasi bibliografi bahasa Inggris untuk pengindeksan)
  • Adanya kebijakan peer review
  • Ketepatan waktu dan / atau volume publikasi
  • Kualitas dan relevansi konten ilmiah
  • Fungsionalitas website / format jurnal
  • Informasi dewan editorial termasuk rincian dan afiliasi
  • Informasi penulis termasuk distribusi penulis dan rincian afiliasi
Jurnal yang memenuhi 24 kriteria kualitas dimasukkan dalam Emerging Sources Citation Index (ESCI). Semua jurnal juga dievaluasi berdasarkan empat kriteria impact - jadi WoS Core Collection memiliki total 28 kriteria evaluasi. Empat kriteria impact dirancang untuk memilih jurnal yang paling berpengaruh dalam bidang penelitian tertentu, menggunakan aktivitas kutipan sebagai indikator utama. Analisis kutipan dilakukan di tingkat jurnal, tingkat penulis, dan tingkat dewan redaksi. Pada tahap ini, analisis kutipan komparatif per kategori dilakukan. " Jurnal yang memenuhi 28 kriteria pemilihan Koleksi Inti WoS ditambahkan ke indeks unggulan WoS Core Collection berdasarkan bidang subjek yang dicakup - Indeks Kutipan Sains Diperluas, Indeks Kutipan Ilmu Sosial, dan / atau Indeks Kutipan Seni & Humaniora. Anda dapat mengunjungi https://clarivate.com/webofsciencegroup/journal-evaluation-process-and-selection-criteria/ untuk melihat informasi detail terkait kriteria tersebut.

Mengirimkan aplikasi untuk indeksasi jurnal pada Web of Science

Setelah jurnal Anda memenuhi kriteria untuk terindeks pada  WoS Core Collection, Anda dapat memulai proses mengirimkan aplikasi melalui link berikut https://mjl.clarivate.com/wos-journal-submission/wos-journal-submission.html.  Anda harus meninjau persyaratan Pengiriman Jurnal Elektronik di halaman tersebut untuk memastikan bahwa anda tidak melewatkan kriteria aplikasi yang lebih spesifik yang terdaftar (mis. "Informasi bibliografi dalam Skrip Romawi") dan kemudian pilih "Ok" untuk mengonfirmasi dan melanjutkan proses pengisian formulir aplikasi.

Setelah anda mengirimkan formulir aplikasi jurnal, WoS akan memulai proses evaluasi pada tiga bagian antara lain:
  1. Evaluasi awal: untuk meninjau bahwa jurnal mematuhi praktik terbaik publikasi dasar (misalnya memiliki ISSN, peer-review)
  2. Evaluasi editorial: untuk memeriksa kualitas publikasi dan kepatuhan terhadap persyaratan bibliografi
  3. Evaluasi editorial: untuk meninjau standar editorial - tahap ini juga mencakup penilaian untuk empat kriteria impact.
“Tim editorial WOS akan berinteraksi langsung dengan penerbit dan, jika diperlukan, editor dan anggota dewan redaksi saat tim WoS melakukan dan menyelesaikan evaluasi. Keputusan editorial WoS dilakukan secara independen, dan evaluasi dilakukan pada tingkat publikasi sumber - yaitu jurnal, seri buku, volume prosiding konferensi, atau buku volume tunggal. ” Proses evaluasi aplikasi awal dapat berlangsung dari tiga hingga enam bulan. Jika aplikasi anda diterima, jurnal akan dievaluasi ulang secara berkala untuk menentukan apakah masih memenuhi semua kriteria kualitas dan apakah memenuhi empat kriteria impact. Evaluasi ulang jurnal untuk mengubah cakupan didasarkan pada kinerja, bukan berbasis waktu; Oleh karena itu, jika ada perubahan jurnal secara signifikan terkait kualitas dan / atau dampaknya, jurnal tersebut akan dievaluasi ulang. WoS Core Collection sangat selektif dengan tingkat penerimaan 10-12% untuk tiga koleksi unggulan. 

Jika jurnal Anda tidak diterima di WoS Core Collection, Anda dapat mengirimkan kembali aplikasi Anda setelah Anda membuat pembaruan publikasi yang diperlukan. Jika jurnal gagal memenuhi salah satu persyaratan selama tahap "evaluasi awal" atau "evaluasi editorial", anda dapat mengirimkan kembali aplikasi setelah anda mengambil langkah yang diperlukan untuk memenuhi kriteria yang gagal. Jika jurnal gagal memenuhi salah satu persyaratan pada tahap "evaluasi kualitas editorial", anda akan diminta untuk menunggu dua tahun untuk mengirimkan kembali aplikasi anda.

Saatnya memulai
Syarat untuk proses indeksasi Web of Science terbilang cukup berat!. Untuk informasi lebih rinci tentang pengindeksan Koleksi Inti WoS, silahkan kunjungi https://clarivate.com/webofsciencegroup/solutions/editorial/  dan download panduan PDF “Overview of journal evaluation process and selection criteria". Setelah jurnal anda terindex di dalam WoS Core Collection, jurnal anda akan memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatnya reputasi jurnal serta kemudahan menemukan koleksi jurnal anda.

Belum ada Komentar untuk "Indeksasi Jurnal di Web of Science (WoS)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel