Analisis Dampak Ketika Isu Tidak Diselesaikan (Laporan Aktualisasi)
Jumat, 06 November 2020
Tulis Komentar
Dari hasil analisis menggunakan APKL dan USG didapatkan satu isu prioritas yaitu Belum optimalnya pembelajaran daring pada mata kuliah XXX pada program studi XXX. Mata kuliah desain dan manajemen XXX merupakan mata kuliah wajib. Mata kuliah ini membahas mengenai teknologi manajemen XXX secara detail dari standar-standar yang terkait. Selain itu mempelajari isu-isu teknologi, implementasi, dan desain. Mata kuliah ini merupakan gabungan antara teori dan praktek, dimana mahasiswa akan melakukan proses desain jaringan komputer menggunakan aplikasi simulasi jaringan.
Berikut adalah analisis keterkaitan isu dengan dampak yang ditimbulkan jika terjadi penundaan pemecahan masalah:
1. Dampak bagi diri sendiri sebagai ASN-Dosen
Tidak adanya modul mengakibatkan mahasiswa kesulitan untuk melaksanakan pembelajaran daring dan menggunakan aplikasi simulasi jaringan untuk proses desain dan manajemen jaringan. Perkuliahan daring yang dilaksanakan selama masa pandemic ini mengakibatkan kualitas proses pembelajaran menjadi menurun, dan juga tingkat kepercayaan mahassiwa terhadap dosen juga akan semakin berkurang. Dimana sebagai dosen merupakan tanggung jawab kita untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada mahasiswa. Sehingga berimbas kepada tercapainya tujuan pembelajaran, meningkatan kompetensi dan prestasi mahasiswa. Tersedianya modul mata kuliah akan mempermudah mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring dan pembelajaran mandiri karena modul tersebut membahas materi secara detail dan berisi langkah-langkah penggunaan aplikasi simulasi dan desain jaringan.
2. Dampak bagi Universitas XXX Sebagai perguruan tinggi negeri,
Universitas XXX memiliki visi dan misi organisasi dimana dalam pelaksanaannya mengacu kepada standard Pendidikan nasional. Dengan kondisi pandemic seperti saat ini, dan tidak tersedianya modul mata kuliah, akan menyebabkan menurunnya kompetensi mahasiswa dan secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas lulusan. Sehingga lulusan memiliki kompetensi yang belum mencukupi untuk berkompetisi di tingkat regional bahkan di tingkat nasional.
3. Dampak bagi Stakehodler
Mahasiswa
sebegai stakeholder tidak mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan secara utuh, karena adanya capaian pembelajaran yang tidak tercapai dalam proses pembelajaran secara daring tanpa menggunakan modul mata kuliah. Sehingga dapat memunculkan persepsi yang salah terkait kualitas belajar-mengajar dan dapat menurunkan tingkat kepercayaan stakeholder terhadap ortganisasi.
Untuk menghasilkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien di masa pandemi COVID-19, harus didukung oleh perangkat pembelajaran yang lengkap agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tersedianya modul mata kuliah akan mempermudah mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring dan pembelajaran mandiri karena modul tersebut membahas materi secara detail dan berisi langkah-langkah penggunaan aplikasi simulasi dan desain jaringan.
Gagasan pemecahan isu yang dapat dilaksanakan untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat draf modul mata kuliah XXX berbasis XXX pada program studi XXX. Untuk dapat merealisasikan rancangan, maka ada beberapa kegiatan pendukung yang dilakukan, antara lain:
- Menyusun Rencana Perkuliahan Semester (RPS) Mata Kuliah dengan menyesuaikan kondisi pembelajaran daring
- Menyusun Draf Modul Mata Kuliah
- Melakukan evaluasi dan review draf modul mata kuliah
- Melakukan Ujicoba pembelajaran menggunakan modul mata kuliah
- Sosialisasi draf modul mata kuliah pada dosen
Belum ada Komentar untuk "Analisis Dampak Ketika Isu Tidak Diselesaikan (Laporan Aktualisasi)"
Posting Komentar