Learning Journal Nasionalisme

 

Bendera Indonesia

 A.    Pokok Pikiran
Nasionalisme merupakan implementasi rasa cinta kita sebagai rakyat Indonesia terhadap bangsa dan negara yang didasari pada nilai-nilai Pancasila. Sebagai ASN kita harus memiliki rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan yang kuat, yang kemudian diaktualisasikan ke dalam fungsi dan tugas kita yang didasari Pancasila dan UUD 1945. Sehingga diharapkan Nasionalisme dapat menjadikan kita sebagai ASN yang berorientasi pada kepentingan public, bangsa, negara, dan menghindari pemikiran yang mementingkan kepentingan pribadi atau golongan.
Nilai dasar nasionalisme sebagai ASN yang menerapkan Pancasila sebagai dasar dalam menjalankan tugasnya dibagi menjadi lima sesuai dengan jumlah sila dari Pancasila.

  1. Sila ketuhanan yang maha esa memiliki nilai religious, toleran, transparan, etos kerja, tanggung jawab, amanah, dan percaya diri.
  2. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab memiliki nilai humanis, tenggang rasa, persamaan derajat, saling menghormati, tidak diskriminatif.
  3. Sila persatuan Indonesia memiliki nilai cinta tanah air, rela berkorban, menjaga ketertiban, mengutamakan kepentinngan public, dan gotong royong.
  4. Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmad kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan memiliki nilai musyawarah mufakat, kekeluargaan, menghargai pendapat, dan bijaksana.
  5. Sila keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia memiliki nilai bersikap adil, tidak serakah, tolong menolong, kerja keras, dan sederhana.

Sebagai ASN, nasionalisme diaktualisasikan sesuai dengan fungsi dan tugas antara lain pada ranah berikut:
1.    Kebijakan public
Sebagai ASN, kita harus memiliki nilai kepublikan yang memiliki orientasi pada kepentingan public, menempatkan kepentingan public, bangsa dan negara di atas kepentingan lainnya serta kepentingan nasional diatas kepentingan sectoral atau golongan
2.    Pelayanan public
Sebagai ASN kita harus memiliki integritas tinggi dalam melayani yang disesuaikan dengan kode etink ASN. Bersikap adil, tidak diskriminatid, professional dan berintegritas dalam memberkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu ASN harus menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keadilan, tidak korupsi, transparan, akuntabel, dan memiliki kinerja yang memuaskan public.
3.    Sebagai Perekat dan Pemersatu bangsa
Sebagai ASN kita harus memiliki rasa nasionalisme yang kuat, memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjaga kedaulatan negara dan pemersatu bangsa serta mengupayakan sutuasi yang damai di seluruh Indonesia dan terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Profil Tokoh

Bacharuddin Jusuf Habibie, Presiden ketiga Indonesia. Sebelum berkarier di Indonesia bapak B.J. Habibie melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule Jerman. Ia pun menerima gelar Diplom Ingenieur pada 1960 dan gelar Doktor Ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cumlaude dari Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean. Beliau menemukan rumus yang dinamakan "Faktor Habibie" karena bisa menghitung keretakan atau krack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Sehingga beliau pun dijuluki "Mr Crack" karena keahliannya itu.
Ada banyak pelajaran terkait nasionalisme dan cinta tanah air dari beliau. Kecerdasan, totalitas dan tanggung jawab terhadap negara rupanya tidak hanya terlihat saat berada di Indonesia. Sebelum Indonesia sadar akan potensinya, beliau sudah beberapa kali ditawari oleh beberapa negara lain untuk menggalakkan teknologi pesawat terbang. Tawaran pertama datang datang dari Jerman. Jerman yang saat itu tahu Pak Habibie bukan orang biasa, langsung saja menawarinya dengan status 'warga negara kehormatan'. Bukannya senang dengan status yang jarang diberikan Jerman, beliau justru menolak. Karena rasa nasionalisme beliau yang tinggi, beliau tetap memilih pulang ke Indonesia untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negaranya. walaupun beliau tidak mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia ketika melanjutkan studi di Jerman.  Ada banyak terobosan dan sumbangsih yang beliau buat sejak di Indonesia, salah satunya ketika memegang jabatan Menteri riset dan teknologi. Beliau berhasil membuat pesawat terbang N250 yang ditujukan sebagai alat transportasi utama di Indonesia yang merupakan negara kepulauan, walaupun cita-cita tersebut tidak kesampaian karena adanya krisis moneter tahun 1998.

B.    Penerapan

Penerapan Nasionalisme dalam mata kuliah praktikum
Sebagai dosen yang mengampu mata kuliah praktikum pemrograman, nilai-nilai nasionalisme secara utuh dapat diterapkan mulai dari sikap nasionalisme yang didasari penerapan sila pertama sampai sila kelima. Walapun mata kuliah praktikum lebih mengutamakan kompetensi keilmuan, di satu sisi mahasiswa juga perlu ditanamkan nilai-nilai nasionalisme. Sehingga setelah pelaksanaan mata kuliah ini selesai, mahasiswa dapat menguasai ilmu yang sesuai dengan bidang ilmunya, mahasiswa juga memiliki jiwa nasionalisme. Adapun pelaksanaan mata kuliah praktikum pemrograman untuk mengimplementasikan nilai nasionalisme dilaksanakan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pengamalan nilai Pancasila sila pertama yaitu setiap membuka perkuliahan diawali dengan berdoa, dan sedikit brainstorming tentang nilai-nilai religious.
  2. Penanaman nilai-nilai Pancasila lainnya adalah dengan memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa dalam mata kuliah praktikum ini, tidak mengedepankan kompetisi melainkan rasa solidaritas dan persatuan. Contohnya ketika ada mahasiswa yang belum memahami materi maka mahasiswa lain harus membantu. Selain itu sebagai dosen kita harus bersifat demokratis dan menghindari sikap otoriter selama pelaksanaan perkuliahan.
  3. Melakukan penerapan pentingnya nilai-nilai karakter dan moral selama praktikum. Mahasiswa diberikan arahan bagaimana membangun etos kerja, memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin. Hal ini merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran, karena jangan sampai mahasiswa hanya “pintar” secara keilmuan tetapi memliki attitude yang kurang, sehingga akan menyebabkan disintegrasi.
  4. Penguatan rasa bangga dan cinta kepada tanah air, dengan memberikan brainstorming mengenai pentingnya kita sebagai mahasiswa atau agen of change mendukung terlaksananya program nasional yang dicanangkan oleh pemerintah. Selain itu selama praktikum, mahasiswa diperkenalkan dan diarahkan untuk menggunakan software dan hardware buatan Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan buatan luar negeri.
  5. Melakukan proses penilaian terhadap sikap selain penilaian terhadap pengetahuan dan keterampilan. Sebagai contoh, ketika mahasiswa telah menyelesaikan praktikum dan laporan dengan benar, tetapi ketahuan bahwa laporan tersebut merupakan hasil menyontek milik temannya, maka mahasiswa tersebut harus diberi sanksi sesuai dengan ketentuan dan peratuaran yang berlaku agar tidak mengulangi perbuatannya.


Belum ada Komentar untuk "Learning Journal Nasionalisme"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel