Inilah 4 Aplikasi E-Learning Gratis


Ilustrasi e-learning

Pada Kondisi pandemi saat ini, pemerintah menganjurkan kita untuk #studyathome dengan #physicaldistancing. Untuk mendukung kegiatan tersebut, ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan. Aplikasi tersebut dikenal dengan nama Electronic Learning (e-learning), Sistem Pembelajaran Daring (SPADA). Apapun penamaannya, intinya aplikasi tersebut membantu Dosen, Guru, Siswa, dan Orang Tua untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan bantuan komputer dan jaringan internet. Berikut 4 (empat) aplikasi e-learning gratis yang bisa anda gunakan yang dirangkum oleh infodosen.com.

1. GNOMIO
Aplikasi e-learning ini dapat digunakan secara gratis. Cukup mendaftar pada alamat www.gnomio.com, anda sudah bisa mengelola aplikasi e-learning untuk proses pembelajaran. Keuntungan Gnomio adalah karena berbasis moodle, anda tidak akan kesulitan untuk menerapkan aplikasi ini.  Moodle telah banyak digunakan di kampus dan sekolah sejak beberapa tahun yang lalu dan menjadi piooner dalam aplikasi pembelajaran online. Gnomio telah menyediakan hosting yang dapat anda gunakan secara gratis. Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi aplikasi moodle pada server. Cukup registrasi dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan, maka anda telah memiliki aplikasi elearning berbasis moodle yang powerfull secara gratis. Moodle telah menyediakan beragam fitur untuk pelaksanaan pembelajaran online, mulai dari kuis online, forum dan video online berbasis bigbluebutton.

2. GOOGLE CLASSROOM
Aplikasi ini dikembangkan oleh google bekerjasama dengan para ahli dan praktisi pendidikan. Menjadikan aplikasi ini sangat powerfull untuk digunakan sebagai aplikasi pembelajaran secara online. Google berusaha mengembangkan aplikasi ini agar dapat dengan mudah digunakan. Fitur-fitur yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan moodle memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka yang kesulitan untuk menggunakan moodle. Cukup anda login dengan akun google, mengakses classroom, membuat kelas, mengundang siswa dengan memberikan classroom key. Anda sudah dapat melaksanakan pembelajaran secara online. Keuntungan lainnya adalah, google classroom telah terintegrasi dengan produk google lain seperti google docs, dan google spreadsheet yang dapat anda gunakan untuk membuat presentasi dan soal berbasis online. 

3. EDMODO
Berikutnya adalah edmodo, menurut infodosen aplikasi ini merupakan gabungan dari moodle dan google classroom. Edmodo mengetahui apa yang diinginkan oleh para pengguna e-learning. Fitur yang powerfull dan kemudahan dalam penggunaan dengan pendekatan yang mirip social media atau mereka menggunakan istilah social learning platform. Pada edmodo, pengguna akan diklasifikasi menurut kepentingannya masing-masing. Terdapat tiga klasifikasi pengguna pada edmodo yaitu (Teacher, Student, dan Parent). Ketiga pengguna tersebut memiliki fitur dan tampilan yang berbeda-beda. Dengan mendukung proses pembelajaran mulai jenjang Playgroup sampai perguruan tinggi, tentunya edmodo sudah tidak diragukan lagi sebagai aplikasi elearning GRATIS dan TERBAIK untuk saat ini. Walaupun begitu, karena edmodo masih belum banyak digunakan di Indonesia, maka bahasa pada aplikasi ini masih menggunakan bahasa inggris, yang akan sedikit menyulitkan pengguna. Tetapi tidak perlu khawatir, ada banyak tutorial bagaimana cara menggunakan EDMODO bertebaran di internet.

4.  SCHOOLOGY
Aplikasi e-learning ini mungkin masih baru bagi pengguna di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan di negara asalnya USA untuk mendukung pembelajaran dari jenjang TK sampai Universitas bahkan digunakan oleh perusahaan untuk memberikan pelatihan pada karyawannnya. Schoology dikembangkan dengan fokus untuk meningkatkan kolaborasi antara Guru, Murid, dan orang tua dengan pendekatan yang mirip dengan social media facebook. Walaupun tidak sepenuhnya gratis untuk beberapa fitur lanjutan, menurut infodosen fitu yang diberikan pada versi gratisnya pun tidak kalah dengan apa yang ditawarkan edmodo.

Itulah 4 (empat) aplikasi elearning GRATIS dan TERBAIK yang dapat anda gunakan untuk pembelaran online dalam menghadapi masa pandemi seperti saat sekarang ini.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 4 Aplikasi E-Learning Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel