Indeksasi Jurnal pada SINTA

Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi beberapa tahun lalu telah meluncurkan terobosan baru dalam bidang indeksasi jurnal di Indoenasia. Terobosan tersebut bernama SINTA (Science and Technology Index), dilansir dari laman https://sinta.ristekbrin.go.id/ dimana SINTA menilai kinerja penulis, peneliti, jurnal, dan institusi. Setiap penilaian dilakukan berdasarkan kriteria yang diatur dan ditetapkan oleh TIM SINTA. Hasil penilaian dari Sinta dapat dijadikan sebagai evaluasi diri pencapaian yang telah dilakukan oleh masing-masing peneliti, jurnal, dan instutusi terkait.

Indeksasi jurnal pada SINTA

Untuk indeksasi jurnal pada SINTA, didasarkan pada standar akreditasi dan sitasi, dengan mengacu pada seluruh jurnal nasional yang sudah diakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA). ARJUNA mengklasifikasi peringkat berdasarkan akumulasi nilai jurnal ketika mengikuti proses akreditasi. Setiap jurnal yang telah terakreditasi oleh ARJUNA akan secara otomatis terindeks oleh SINTA berdasarkan hasil penilaian akreditasi sebagai berikut:

   
Peringkat Jurnal   

Nilai Akreditasi   
   
SINTA   1   
   
Nilai lebih besar dari 85 atau Terindeks SCOPUS   
   
SINTA   2   
   
Nilai 70 - 85   
   
SINTA   3   
   
Nilai 60-70   
   
SINTA   4   
   
Nilai 50-60   
   
SINTA   5   
   
Nilai 40-50   
   
SINTA   6   
   
Nilai 30-40   


Syarat Akreditasi ARJUNA

Sebelum mendaftarkan jurnal anda untuk diproses oleh ARJUNA, ada baiknya anda memperhatikan beberapa persyaratan berikut untuk mengurangi kemungkinan jurnal anda ditolak oleh tim akreditasi ARJUNA, sebagai berikut:

  1. Jurnal anda telah memiliki nomor e-ISSN yang benar dan terdaftar pada lembaga ISSN Internasional atau LIPI
  2. Jurnal telah memiliki DOI yang aktif, silahkan mengacu ke link berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut terkait DOI dan bagaimana mendapatkannya.
  3. Jurnal telah terbit minimal 2 tahun terakhir berurutan
  4. Setiap tahun minimal terdiri dari 2 terbitan/issue
  5. Setiap terbitan minimal mempublikasikan 5 artikel
  6. Memiliki web khusus untuk jurnal yang telah mencantumkan pernyataan etika publikasi.
  7. Jurnal Harus sudah terdaftar di Garuda  (Garba Rujukan Digital) pada http://garuda.ristekdikti.go.id. Jika belum terdaftar dapat mengisi Aplikasi pendaftaran melalui  http://garuda.ristekdikti.go.id/suggest
Langkah-langkah Akreditasi Jurnal Sinta

Setelah jurnal anda memenuhi persyaratan untuk mengikuti proses akreditasi pada ARJUNA, berikutnya anda bisa mendaftarkan jurnal anda untuk proses akreditasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:
Langkah-langkah akreditasi Jurnal pada Arjuna

  1. Sebagai langkah awal untuk proses akreditasi, silahkan mengunjungi linkhttp://arjuna.ristekdikti.go.id, kemudian Klik Daftar  untuk daftar akun ARJUNA. Perlu anda ketahui satu akun ARJUNA dapat digunakan untuk mengajukan beberapa jurnal sekaligus.

    Dashboard ARJUNA

  2. Setelah proses pendaftaran selesai, silahkan login dengan memasukkan username dan password, kemudian menambahkan jurnal yang akan diakreditasi. Cukup dengan memasukkan e ISSN Pada kolom pencarian, Identitas Jurnal Ilmiah dapat dengan mudah Ditambahkan pada akun ARJUNA.

    Menambahkan Jurnal

    Menambahkan Jurnal

  3. Setelah menambahkan Jurnal, selanjutnya anda dapat mengupload dokumen, menambahkan issue, mengisi evaluasi diri, dan menghapus jurnal seperti yang terihat pada gambar di bawah ini:

    Pengelolaan Jurnal pada ARJUNA

  4. Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menambahkan akun editor pada jurnal yang akan diakreditasi seperti pada gambar di bawah ini:

    Menambahkan akun editor jurnal

  5. Berikutnya mengisi evaluasi Diri, pada tahapan ini anda akan melakukan penilaian mandiri terkait jurnal yang anda kelola, dimana terdapat 8 unsur penilaian antara lain: Penamaan Jurnal Ilmiah, Kelembagaan Penerbit, Penyuntingan dan Manajemen Jurnal, Substansi Artikel, Gaya Penulisan, Penampilan, Keberkalaan, dan Penyebarluasan. 

    Evaluasi Diri

  6. Langkah berikutnya adalah menambahkan issue ke usulan akreditasi, seperti pada gambar berikut ini.
    Menambahkan Issue
Apabila semua langkah-langkah telah terisi dengan lengkap, langkah terakhir adalah melakukan konfirmasi siap akreditasi dengan mengkilik tombol submit. Selanjutnya proses pemeriksaan dan validasi dokumen akan dilakukan oleh tim akreditasi ARJUNA, anda mungkin akan mendapatkan email konfirmasi dan beberapa pertanyaan terkait proses akreditasi oleh tim akreditasi ARJUNA. Silahkan download dokumen berikut ini untuk mempelajari proses akreditasi jurnal ARJUNA lebih detail.

Belum ada Komentar untuk "Indeksasi Jurnal pada SINTA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel