Tips Trik Lulus Sertifikasi Dosen

Setelah membahas mengenai jenjang karir dosen, berikutnya infodosen akan membahas tips dan trik lulus sertifikasi dosen. Sertifikasi dosen adalah program  kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini ditjen dikti untuk memberikan gelar sebagai dosen profesional pada bidang keilmuan yang sesuai dengan yang anda geluti di perguruan tinggi. Selain memberikan gelar profesional, anda akan diberikan penghargaan berupa tunjangan sertifikasi dosen dengan nominal sebesar gaji pokok anda yang disesuaikan dengan golongan anda. misalnya golongan IIIc, IIId dan seterusnya. Berikut infodosen merangkum tips dan trik untuk lulus sertifikasi dosen.

Syarat mengajukan usulan serdos | Sertifikasi Dosen
sumber gambar: https://jejakdosen.com/syarat-mengajukan-usulan-serdos/

Rutin mengupdate data tridharma perguruan tinggi pada Sistem Informasi Sumber Daya (SISTER)

Sejak tahun 2019, proses sertifikasi dosen sudah terintegrasi dengan sister yang ada pada perguruan tinggi. Jika anda belum memiliki akun, silahkan hubungi admnistrator kampus anda masing-masing. Biasanya untuk mengakses sister pada kampus menggunakan url seperti sister.namakampus.ac.id. Setelah anda login silahkan lengkapi data-data yang ada pada sister. Hal utama yang anda perlu lengkapi adalah:
  • Data pribadi
  • Inpassing; ini wajib anda lengkapi khusus untuk dosen non pns / dosen yayasan
  • Jabatan fungsional minimal asisten ahli
  • Yang terpenting adalah penempatan, syarat wajib mengikuti serdos adalah, anda sudah 2 tahun terdaftar sebagai dosen pada perguruan tinggi tersebut.
  • Berikutnya adalah data penelitian terutama jurnal dan data pengabdian pada masyarakat.
Memiliki nilai Tes Kompetensi Dasar Akademik (TKDA) dan Test of English Proficiency (TOEP) dengan nilai akumulatif keduanya adalah 4

Setelah anda dinyatakan eligible untuk mengikuti sertifikasi dosen, langkah berikutnya adalah anda wajib menyertakan sertifikat TKDA dan TOEP yang anda telah ikuti dengan nilai kumulatif keduanya adalah 4 silahkan klik link ini untuk mellihat hasil konversi nilai TKDA dan TOEP. Sertifikat tersebut wajib dikeluarkan oleh PLTI. Biasanya ketika periode Serdos telah dibuka, maka PLTI juga akan menyelenggarakan tes TKDA dan TOEP. Rajin-rajinlah membuka web PLTI https://plti.co.id/page/homepage untuk melihat daftar tes yang diselenggarakan. Saran saya ketika nilai anda belum sampai kumulatif 4, sebaiknya anda menunda mengikuti peiode serdos yang berlangsung, untuk mengikuti tes TKDA dan TOEP lagi untuk mencapai skor akumulatif 4. Walaupun sertifikat tersebut bisa diganti dengan sertifikat lain seperto TOEFL ITP atau syarat kepangkatan lain sebagai pengganti sertifikat tersebut.

Menjaga Hubungan baik dengan rekan sejawat, pimpinan, dan mahasiswa.

Pada proses sertifikasi dosen, ada tahapan untuk mengetahui bagaimana hubungan anda dengan rekan sejawat, pimpinan, dan mahasiswa. Pihak kampus akan membagikan akun login untuk melakukan penilaian persepsional kepada anda. Ingat jawaban yang diberikan harus realistis dan tidak mengada-ada. Pada tahapan ini, biasanya ada oknum dosen yang melakukan kecurangan dengan mengambil akun login semua pihak untuk diisi sendiri oleh dosen. Hal ini bisa menyebabkan anda tidak akan lulus, karena sistem dapat mendeteksi perangkat yang anda gunakan dalam proses pengisian penilaian persepsional.

Pengisian Deskripsi Diri

Ada baiknya ketika anda baru akan berencana mengikuti sertifikasi dosen anda sudah mulai menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada pada form deskripsi diri. Tidak sedikit peserta sertifikasi dosen yang tidak lulus karena kesalahan yang dilakukan pada saat mengisi deskripsi diri ini. Ketika anda dinyatakan tidak lulus karena kesalahan pada deskripsi diri misalnya ada kemiripan dengan milik orang lain, maka anda tidak bisa ikut sesi serdos berikutnya. anda harus menunggu ssetahun untuk mengikuti sesi serdos tahun berikutnya. Berikut tips dan trik penyusunan deskripsi diri:
  1. Jangan sekali-kali anda membaca deskripsi diri milik teman atau orang lain, karena bisa saja tidak sengaja anda mengutip atau mencontek cara penulisan orang tersebut.
  2. Tuliskan yang jujur dan apa adanya
  3. Usahakan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pelaksanaan tridharma perguruan tunggi
  4. Gunakan referensi selain buku misalnya mengikuti forum diskusi atau workshop dalam pembuatan bahan ajar.
  5. Perbanyak menulis publikasi khususnya jurnal
Itulah beberapa tips dan trik untuk lulus sertifikasi dosen. semoga dapat membantu anda yang baru akan mengikuti seleksi sertifikasi dosen.

Belum ada Komentar untuk "Tips Trik Lulus Sertifikasi Dosen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel