Cek Status Mahasiswa dan Alumni

Direktorat Pendidikan Tinggi yang berada di bawah kementerian pendidikan terus berbenah dalam penyediaan dan pengelolaan data perguruan tinggi. Terutama data yang terkait legalitas perguruan tinggi, mahasiswa, dan ijazah yang dikeluarkan. Sudah banyak di pemberitaan kita dapati tentang adanya ijazah bodong serta perguruan tinggi yang tidak memiliki ijin penyelenggaraan dari dikti. Sebagai mahasiswa dan alumni, anda wajib mengetahui legalitas anda sebagai mahasiswa dan alumni serta ijazah yang anda pegang untuk memastikan bahwa memang telah mengikuti perkuliahan dan lulus pada perguruan tinggi yang diakui oleh pemerintah.
Apalagi saat ini untuk pendaftaran sebagai calon Aparatur Sipil Negara baik CPNS maupun PPPK mewajibkan data anda terdaftar pada sistem informasi yang dikelola oleh dikti. Saat ini terdapat beberapa sistem informasi yang dikelola oleh dikti untuk menjamin legalitas data mahasiswa, lulusan, ijazah, dan penyetaraan ijazah Luar Negeri. Berikut ini tim info dosen akan memberikan beberapa tutorial singkat untuk mengecek data mahasiswa dan alumni:

Pengecekan Mahasiswa dan Alumni pada laman https://pddikti.kemdikbud.go.id
  1. Silahkan akses laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/ melalui web browser, sehingga akan tampil halaman utama dari pddikti seperti gambar di bawah ini:

    Laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/

  2. Kemudian pada form pencarian pastikan pilih kategori pencarian pada Data  Mahasiswa, kemudian masukkan Nomor Induk Mahasiswa atau Nama anda (bisa memasukkan salah satu saja atau keduanya), Ketikkan nama Perguruan tinggi (nama perguruan tunggi akan otomatis muncul sesuai dengan keyword yang anda masukkan) kemudian pilih perguruan tinggi anda, kemudian pilih Nama Program Studi seperti pada gambar di bawah ini, klik fitur re-Captcha dan terakhir klik tombol cari.


  3. Setelah itu akan muncul daftar sesuai dengan nama yang anda masukkan beserta beberapa indetifikasi lain seperti pada gambar di bawah ini:

    Hasil Pencarian nama

  4. Kemudian untuk mengecek data anda silahkan klik salah satu nama tersebut untuk menampilkan informasi detail terkait data anda sebagai mahasiswa atau alumni pada perguruan tinggi tersebut. 

    Biodata Mahasiswa

  5. Selain data dasar mahasiswa, halaman pddikti juga menampilkan data riwayat status kuliah yang menggambarkan sudah berapa SKS yang telah diambil atau diselesaikan mahasiswa tersebut selama mengikuti perkuliahan.

    Riwayat Status Kuliah

  6. Untuk Riwayat studi, memperlihatkan semester, nama mata kuliah dan jumlah SKS per mata kuliah yang telah diambil atau diprogramkan oleh mahasiswa tersebut, seperti terlihat pada gambar di bawah ini
    Riwayat Studi

  7. Sedangkan untuk data alumni, hanya ada satu perbedaan dengan data mahasiswa di atas, yaitu pada bagian biodata mahasiswa terlihat adanya keterangan  Status Mahasiswa Saat ini : Lulus dan Nomor Ijazah : 125396/UB/S1/2017, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini

    Biodata Alumni
Sebenarnya selain pddikti.kemdikbud.go.id, juga terdapat aplikasi forlap yang dapat diakses melalui alamat forlap.kemdikbud.go.id, aplikasi ini juga dapat menampilkan data yang sama, karena adanya sinkronisasi data yang dilakukan. Walaupun beberapa tahun ke depan dikti hanya akan menggunakan satu aplikasi untuk memberikan data mahasiswa dan alumni, yaitu di pddikti.kemdikbud.go.id.

Belum ada Komentar untuk "Cek Status Mahasiswa dan Alumni"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel